BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN KUMER
REVISI 2022
Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan
contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.
Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran
menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari
bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan
asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang
pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek
efektivitas pembelajaran yang berlangsung.
Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan
adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta
didik. Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan
utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan
intrakurikuler1. Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian
pembelajaran , tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran,
modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran
terdiferensiasi.
Dokumen ini juga memuat perencanaan serta
pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan
pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan untuk pembelajaran dan
asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar
Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.
Sebagaimana dinyatakan dalam Prinsip
Pembelajaran dan Asesmen, asesmen adalah aktivitas yang menjadi kesatuan dalam
proses pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar
pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu, pendidik
dianjurkan untuk melakukan asesmen-asesmen berikut ini:
1.
Asesmen formatif,
yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan
informasi atau umpan balik bagi pendidik
dan peserta didik untuk memperbaiki
proses belajar.
a.
Asesmen di awal pembelajaran
yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan. Asesmen ini termasuk dalam kategori asesmen formatif karena ditujukan untuk kebutuhan guru dalam merancang pembelajaran, tidak untuk keperluan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilaporkan dalam rapor.
b.
Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat.
Biasanya asesmen ini dilakukan sepanjang atau di tengah kegiatan/langkah
pembelajaran, dan dapat juga dilakukan di akhir langkah pembelajaran. Asesmen
ini juga termasuk dalam kategori asesmen formatif.
2.
Asesmen sumatif,
yaitu asesmen yang dilakukan untuk
memastikan ketercapaian keseluruhan
tujuan pembelajaran. Asesmen ini
dilakukan pada akhir proses pembelajaran
atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran,
sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan. Berbeda
dengan asesmen formatif, asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan
penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.
Kedua jenis asesmen ini tidak harus digunakan
dalam suatu rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar, tergantung pada
cakupan tujuan pembelajaran.
Di bawah ini panduan lengkap tentang Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kumer Revisi 2022 yang
sudah dipilah – pilah perbab
berdasarkan topic bahasan masing-masing untuk mempermudah membacanya. Silakan anda
klik perbab.
DAFTAR ISI
BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN KUMER REVISI 2022
1
Latar Belakang
2
Sasaran Pengguna
2 Cara Menggunakan Panduan
3
Prinsip
Pembelajaran dan Prinsip
Asesmen
4
Prinsip Pembelajaran
8 Prinsip Asesmen
10 Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen
11 Memahami Capaian
Pembelajaran (CP)
15 Merumuskan Tujuan Pembelajaran
19 Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
23 Merencanakan pembelajaran dan asesmen
37 Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen
41 Pengolahan dan Pelaporan Hasil Asesmen
41 Pengolahan Hasil Asesmen
53 Pelaporan
Hasil belajar
65 Refleksi dan Tindak Lanjut
Pembelajaran dan Asesmen
68 Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Sesuai
Kesiapan Pendidik dan Satuan
Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar