14 Jenis Pengetahuan
By Chris Drew (PhD) /
August 29, 2023
Sebelum membaca
artikel ini, silakan baca dulu “Sejarah Pengetahuan Yang Diperoleh Manusia”,
Yang Berisi Sub Bahasan Tentang ; Mitos, Zaman
Purba, Pengetahuan Yang Berkembang Pada Zaman Babylonia, Pengetahuan Di Zaman
Pertengahan dan Pengetahuan Di Zaman Modern.
Pengetahuan
adalah “fakta yang tersimpan”. Semua manusia mampu menyimpan fakta atau
informasi untuk diambil di kemudian hari.
Setidaknya ada 14 jenis
pengetahuan:
1. Pengetahuan Posteriori
2. Pengetahuan A Priori
3. Pengetahuan yang Tersebar
4. Pengetahuan Domain (Pakar).
5. Pengetahuan Empiris
6. Pengetahuan yang Dikodekan
7. Pengetahuan Eksplisit
8. Pengetahuan Diam-diam
9. Pengetahuan meta
10. Pengetahuan Imperatif (Atau Prosedural).
11. Pengetahuan Deskriptif
12. Pengetahuan Terletak
13. Diketahui Tidak Diketahui
14. Tidak Diketahui Tidak Diketahui
Kita
menyimpan dan mengambil pengetahuan dalam pikiran kita melalui proses kognitif seperti
mengkategorikan, menghafal, mengingat kontekstual, dan penalaran logis.
13 Jenis
Pengetahuan
1. Pengetahuan
Posteriori[1]
KETERANGAN
Pengetahuan Posteriori adalah pengetahuan yang kita
peroleh langsung dari pengalaman pribadi kita.
A Posteriori adalah bahasa latin yang berarti 'apa yang terjadi
setelahnya'. Jadi, ketika kita berbicara tentang pengetahuan posteriori, kita
berbicara tentang pengetahuan yang muncul setelah kita mempunyai beberapa
pengalaman. Ini adalah pengetahuan yang merupakan hasil dari
pengalaman kita sendiri.
Beberapa
jenis pengetahuan tidak bersifat pengalaman. Pengetahuan teoretis, abstrak, dan
matematis, misalnya, berasal dari penalaran abstrak atau logis, bukan observasi
langsung.
CONTOH
v
Dalam Filsafat: Para filsuf seperti kaum eksistensialis dan humanis
cenderung percaya bahwa pengetahuan posteriori lebih unggul daripada
pengetahuan teoretis. Mereka menolak gagasan tentang Tuhan atau kekuatan yang
lebih tinggi karena hal itu tidak dapat diamati di dunia nyata. Orang lain
mungkin tidak setuju dan berpendapat bahwa mereka memiliki pengalaman
posteriori akan Tuhan setiap hari dalam hidup mereka ketika mereka melihat
dunia indah yang Tuhan ciptakan untuk mereka.
v
Dalam Pendidikan: Banyak ahli teori konstruktivis sosial percaya
bahwa pengetahuan posteriori sangat baik untuk pembelajaran karena membantu
siswa mengembangkan jalur saraf. Belajar sambil melakukan, mengalami dan
menemukan juga populer dalam pendekatan pendidikan abad ke-21 seperti pembelajaran berbasis fenomena ,
pendidikan berbasis masalah ,
dan pembelajaran berbasis bermain .
2. Pengetahuan A
Priori
Pengetahuan A Priori adalah kebalikan dari pengetahuan
posteriori. Ini adalah pengetahuan dan fakta yang ada tanpa perlu mengalaminya.
Anda bisa sampai pada kesimpulan hanya melalui alasan.
Contohnya adalah: 1 + 1 = 2. Anda dapat menghitungnya
tanpa harus memisahkan dua benda dan meletakkannya di depan mata Anda untuk
menghitungnya. Anda menggunakan pengetahuan A Priori Anda tentang
prinsip-prinsip matematika untuk mengetahuinya!
CONTOH
v
Dalam Filsafat: A Priori berarti 'apa yang datang sebelumnya' dalam bahasa latin.
Itu adalah istilah yang umum digunakan oleh para filsuf termasuk Emanuel Kant dalam Critique
of Pure Reason untuk sampai pada kesimpulan filosofis. Banyak
filsuf yang percaya bahwa pengetahuan A Priori adalah bentuk pengetahuan yang
unggul karena bersifat objektif dan dapat diturunkan secara independen, tanpa
konteks atau bias.
v
Dalam Sains, Arsitektur, dan
Teknik: Banyak prestasi ilmiah, arsitektur, dan
teknik yang luar biasa telah dicapai melalui pengetahuan A Priori. Misalnya,
sang insinyur dapat memesan sebuah jembatan bernilai jutaan dolar untuk
dibangun dan yakin bahwa jembatan tersebut akan menahan beban truk dan mobil
karena dia telah menggunakan pengetahuan A Priori-nya di bidang fisika untuk
menjamin jembatan tersebut akan mampu menahan bebannya.
3. Pengetahuan
yang Tersebar atau Terdistribusi[2]
Pengetahuan
yang tersebar adalah pengetahuan yang tidak dapat dilihat oleh satu orang pun
secara keseluruhan. Pengetahuan tersebut tersebar atau tersebar di antara banyak
orang yang berbeda. Jika kita ingin menyatukan banyak pengetahuan untuk
mencapai sesuatu yang hebat, kita perlu mengumpulkan tim ahli di berbagai topik
untuk memasukkan pengetahuan mereka guna mencapai tujuan kita.
CONTOH
v
Dalam Bedah. Dokter bedah Anda mungkin ahli dalam memperbaiki jantung,
namun ia tidak dapat melakukan operasi tanpa spesialis dan ahli anestesi lain
yang memiliki pengetahuan dan perspektif yang tidak dilatih oleh ahli bedah
tersebut.
v
Menjalankan Bisnis. Ketika sebuah usaha kecil mencapai ukuran tertentu,
pemilik bisnis menyadari bahwa mereka tidak mungkin melakukan semua tugas
sendirian. Mereka bukan ahli dalam bidang akuntansi, tetapi pembukuan harus
dijaga. Mereka bukan ahli dalam pemasaran, tapi ada pakar pemasaran di luar
sana. Jadi, mereka mempekerjakan seorang akuntan dan pemasar. Bisnis ini
berkembang pesat, meskipun tidak ada seorang pun dalam bisnis ini yang memiliki
beragam keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan
bisnisnya sendiri.
v
Pencarian Google. Dikatakan bahwa algoritma pencarian google yang
menentukan siapa yang akan menempati peringkat nomor 1 dalam pencarian google
tidak diketahui dan dipahami oleh satu orang saja. Begitu banyak orang yang
berkontribusi terhadap hal ini dari waktu ke waktu sehingga orang yang berbeda
mengetahui fitur yang berbeda tentang cara kerjanya, namun tidak ada seorang
pun yang memiliki semua pengetahuan tentang hal tersebut di otak mereka saja.
4. Domain atau
Pengetahuan Pakar[3]
Pengetahuan
domain adalah pengetahuan mendalam tentang domain atau disiplin ilmu tertentu.
Kita mungkin juga menyebutnya pengetahuan ahli. Seseorang dengan pengetahuan
domain sangat berpengetahuan dalam disiplin ilmunya tetapi mungkin hanya
memiliki pengetahuan umum tentang segala hal lainnya.
CONTOH
v
Pendidikan Universitas. Setelah wajib belajar berakhir, banyak orang yang melanjutkan
studi ke universitas. Ketika kita masuk universitas, kita mendapat kesempatan
untuk mengambil spesialisasi dalam domain tertentu: mungkin Ilmu Komputer, Ilmu
Komunikasi, atau Pengajaran. Hal ini bahkan lebih banyak terjadi pada tingkat
pascasarjana. Banyak gelar universitas yang bertujuan untuk mengembangkan
pengetahuan domain spesifik dibandingkan pengetahuan umum yang luas (dengan
pengecualian pada gelar seni liberal ).
v Revolusi
industri. Henry Ford merevolusi
manufaktur dengan menciptakan lini pabrik berdasarkan teori pengetahuan domain.
Alih-alih meminta lima orang untuk membuat lima mobil berbeda, dia malah
meminta sekelompok ahli berbeda untuk mengerjakan masing-masing mobil. Satu
orang ahli di bidang roda, satu lagi ahli mesin, dan satu lagi ahli badan.
Dengan mengembangkan keahlian, orang-orang ini menjadi sangat efisien dalam
membuat bagian mobil mereka, dan mobil diproduksi dengan kecepatan yang jauh
lebih cepat.
5. Pengetahuan
Empiris[4]
Pengetahuan empiris adalah pengetahuan yang diperoleh
melalui indera. Berbeda dengan pengetahuan A Posteriori karena pengetahuan
empiris harus dialami melalui indera saja. Itu tidak bisa berupa pengalaman
metafisik, reflektif, mimpi, atau pengalaman a posteriori lainnya.
Berikut ringkasan singkat perbedaan tersebut:
v
Pengetahuan posteriori : pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman apa pun
.
v
Pengetahuan empiris: pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman yang dapat
diamati oleh indra.
CONTOH
v
Riset. Sebagian besar penelitian (baik kualitatif maupun
kuantitatif) bersifat empiris. Jika Anda membaca sebuah penelitian di artikel jurnal , artikel tersebut akan melaporkan sesuatu
yang diamati , seperti jawaban wawancara atau tanggapan peserta
penelitian terhadap suatu ujian.
6. Pengetahuan
yang Dikodekan[5]
Pengetahuan yang dikodekan adalah pengetahuan yang telah
dicatat dalam kode-kode simbolik. Hal ini membuat pengetahuan tersebut mudah
diperoleh kembali oleh orang-orang yang mengetahui cara (atau memiliki alat
yang membantu mereka) memecahkan kode pengetahuan tersebut di kemudian hari.
Kita mungkin juga menyebutnya sebagai pengetahuan yang 'tersimpan'.
CONTOH
v
Bahasa Tertulis. Bahasa Inggris tertulis adalah kode bahasa kita. Kita
mengkodekan pengetahuan ketika kita menuliskannya dan siapapun yang bisa
membaca 'kode' kita (yakni siapapun yang bisa membaca dalam bahasa Inggris)
kemudian bisa memecahkan kodenya di kemudian hari.
v
Tanda-tanda jalan. Kami juga telah membuat kode yang dapat digeneralisasikan
pada rambu-rambu jalan kami. Oktagon merah berarti 'berhenti', lampu hijau
berarti 'pergi', dan seterusnya.
v
Batu Rosetta. Pada tahun 1799, para arkeolog menemukan Batu Rosetta.
Ini adalah batu yang berasal dari tahun 196 SM dan berisi prasasti yang ditulis
dalam hieroglif Mesir, aksara demotik Yunani kuno, dan Mesir. Karena ketiga
prasasti tersebut memiliki informasi yang sama dalam bahasa yang berbeda, batu
tersebut membantu para ilmuwan menguraikan hieroglif Mesir. Ini membuka akses
ke semua teks Mesir lainnya yang ditulis dalam hieroglif dan memungkinkan kami
untuk memecahkan kode pengetahuan orang Mesir yang disandikan.
v
Data Digital. Pengetahuan dapat dikodekan menjadi data biner yang
disimpan di perangkat digital seperti komputer cloud dan drive USB. Untuk
memecahkan kode pengetahuan, perangkat lunak komputer diperlukan untuk mengubah
biner 1 dan 0 tersebut kembali menjadi kode yang dapat kita pahami, seperti
kata-kata tertulis, kata-kata yang diucapkan, atau gambar.
7. Pengetahuan
Diam-diam[6]
Pengetahuan diam-diam adalah
pengetahuan yang Anda miliki tetapi tidak dapat diungkapkan. Seseorang dengan
pengetahuan diam-diam biasanya sudah memiliki pengetahuan tersebut begitu lama
sehingga mereka tidak dapat mengingat bagaimana mereka mempelajarinya atau
mengapa pengetahuan tersebut benar. Mereka hanya sadar bahwa yang ada dalam
pikiran mereka adalah pengetahuan yang berguna dan akurat.
CONTOH
v
Pengetahuan Praktisi. Banyak praktisi ahli yang mengetahui bagaimana melakukan sesuatu berdasarkan intuisi . Seorang dokter hewan
ahli mengetahui cara berhubungan dengan kuda dan menenangkan sarafnya, tetapi
mungkin tidak dapat menjelaskan bagaimana mereka dapat mengembangkan hubungan
tersebut begitu cepat. Seorang guru yang ahli mungkin dapat meredakan situasi
yang menyusahkan di kelas tetapi tidak benar-benar dapat menjelaskan kepada
guru magangnya bagaimana mereka melakukannya.
v
Penduduk Asli Digital. Digital native adalah anak-anak yang tumbuh besar di
sekitar komputer sepanjang hidupnya. Mereka akan mendapatkan perangkat lunak
baru dan secara intuitif mengetahui cara memanipulasinya dan menemukan fitur
tersembunyi (jauh lebih cepat daripada yang bisa dilakukan orang tua mereka!).
Saat ditanya, pengguna digital native mungkin tidak dapat memberi tahu Anda
mengapa mereka mengetahui suatu fitur ada di menu drop-down tertentu: bagi
mereka, jelas sekali jika mereka melihat ke sana!
v
Kecerdasan emosional. Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi tahu
bagaimana berkomunikasi dengan orang lain agar mereka merasa disambut dan
dihibur. Mereka tahu cara membangun jaringan dan berteman dengan cepat. Namun,
mereka mungkin kesulitan menjelaskan secara pasti bagaimana mereka melakukannya
kepada teman-temannya.
8. Pengetahuan Eksplisit
Pengetahuan eksplisit adalah kebalikan dari pengetahuan
diam-diam. Ini adalah pengetahuan yang dapat dengan mudah dijelaskan kepada
orang luar. Ini adalah pengetahuan yang dapat dengan cepat kita susun menjadi
kata-kata dan diungkapkan kepada orang lain.
CONTOH
v
Panduan Pengguna dan Manual. Panduan pengguna akan memandu seseorang tentang cara
menggunakan produk secara eksplisit langkah demi langkah.
v Resep. Demikian pula, sebuah resep mungkin menjelaskan cara
melakukan sesuatu satu demi satu.
v Praktek Mengajar Terbimbing . Ini
adalah strategi pengajaran yang melibatkan membimbing siswa melalui suatu proses
dengan cara yang metodologis. Setelah siswa secara eksplisit memodelkan
pengetahuannya, guru melangkah mundur dan membiarkan siswa berlatih menerapkan
pengetahuan barunya tanpa dukungan.
9. Metapengetahuan[7]
Metaknowledge adalah pengetahuan tentang
pengetahuan. Apa pun yang kita ketahui tentang pengetahuan (seperti cara
kerjanya, cara mengklasifikasikannya, cara kehilangannya, cara memperolehnya)
dianggap metaknowledge . Semua yang ada di artikel ini adalah
metaknowledge: ini informasi tentang pengetahuan!
CONTOH
v Taksonomi. Taksonomi adalah model untuk mengklasifikasikan sesuatu.
Taksonomi pengetahuan yang terkenal adalah Taksonomi Bloom , yang menguraikan berbagai kedalaman dan tingkat pengetahuan yang dimiliki manusia. Jenis taksonomi pengetahuan
lainnya adalah taksonomi SOLO Biggs .
10. Pengetahuan Imperatif (atau
Prosedural).
Pengetahuan imperatif adalah 'mengetahui caranya'. Ini
adalah pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan tugas secara efektif. Hal ini
mungkin melibatkan langkah-langkah spesifik atau pemahaman umum tentang proses
pencapaian sesuatu. Beberapa orang menyimpan rahasia pengetahuan penting mereka
di dalam hati, seperti ketika seorang nenek mewariskan resep keluarga kepada
cucunya.
CONTOH
v
Prosedur Operasi Standar dalam Bisnis. Kebanyakan perusahaan besar memiliki manajer proyek yang
menetapkan prosedur operasi standar. Ini adalah prosedur yang harus diikuti
orang untuk mencapai tujuan bisnis.
v
Resep Rahasia. Bumbu
dan rempah KFC 11 yang terkenal dikatakan menghasilkan 'rasa KFC' yang spesifik
dari prosedur memasaknya. Pengetahuan prosedural ini sangat rahasia dan merupakan kekayaan intelektual
KFC.
11. Pengetahuan Deskriptif
Dikenal juga sebagai pengetahuan proposisional,
pengetahuan deskriptif adalah 'mengetahui bahwa' sesuatu itu benar (sebagai
lawan dari 'mengetahui bagaimana' sesuatu harus dilakukan). Pengetahuan
deskriptif dapat dipelajari melalui hafalan dan tidak memerlukan pengalaman
praktis yang signifikan di lapangan. Sebaliknya, pengetahuan imperatif
('mengetahui caranya') biasanya memerlukan keterampilan praktis dalam suatu
tugas.
CONTOH
v
Dalam pendidikan. Pedagogi pengajaran abad ke-20 seperti behaviorisme berfokus secara eksklusif pada pengetahuan deskriptif.
Siswa mempelajari fakta melalui pembelajaran pasif ,
tanpa diberi kesempatan untuk menerapkannya dalam dunia nyata.
12. Pengetahuan Terletak
Pengetahuan lokasi adalah pengetahuan yang muncul dari
konteks, komunitas, atau budaya tertentu. Ini adalah pengetahuan yang khusus
untuk situasi tersebut dan sulit dipahami dari luar perspektif tersebut. Kita
semua telah menempatkan pengetahuan budaya . Ini adalah pengetahuan yang
kami warisi dari budaya kami. Orang lain mungkin memiliki pengetahuan berbeda
yang tumbuh dari budaya berbeda dan Anda mungkin kesulitan memahami pengetahuan
mereka dari sudut pandang 'orang luar'.
v Antropologi budaya. Para antropolog dan sosiolog sering kali perlu menempatkan diri mereka
dalam suatu budaya untuk memahami perspektif dan pemahaman budaya yang mereka
amati. Sebagai orang luar, mereka mungkin menganggap pengetahuan, ritual, dan
aktivitasnya agak aneh.
v Pendidikan. Teori pembelajaran lokasi oleh Lave dan Wegner menganjurkan bahwa siswa harus
belajar dalam konteks di mana pengetahuan diterapkan. Misalnya, seseorang harus
magang sebagai asisten pembuat roti untuk belajar membuat roti, daripada
mempelajarinya dari kertas.
13. Diketahui Tidak Diketahui
Ketika kita telah ' mengetahui hal yang tidak diketahui ', kita sadar bahwa ada sesuatu yang tidak kita ketahui
atau pahami. Hal-hal yang tidak diketahui biasanya berada dalam jangkauan
pemahaman kita karena kita sadar akan apa yang perlu kita pelajari dan dapat
mencari jawabannya. Hal ini berbeda dengan hal-hal yang tidak diketahui, yang
bahkan tidak berada dalam cakrawala kesadaran kita dan oleh karena itu kita
tidak dapat mencari jawabannya.
CONTOH
v Kebingungan. Ketika informasi baru disajikan kepada kita tetapi
menimbulkan kebingungan, kita sadar bahwa kita tidak cukup mengetahuinya. Hal
ini mungkin mengarahkan kita untuk melakukan penelitian guna menemukan
jawabannya.
v Keingintahuan. Ketika kita menemukan sesuatu yang baru, hal itu mungkin
membuat kita menjadi penasaran. Kami kemudian akan menelitinya karena kami
sadar kami tidak tahu banyak tentangnya.
14. Tidak Diketahui Tidak Diketahui.
Unknown unknowns adalah potongan pengetahuan yang tidak
kita miliki dan sama-sama tidak kita sadari bahwa kita tidak memilikinya. Ini
adalah informasi yang mungkin di luar pemahaman kita dan bahkan melampaui
impian terliar kita. Bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran kita bahwa hal
yang tidak diketahui dan tidak diketahui adalah suatu kemungkinan.
CONTOH
v Fisika Teoritis. Banyak fisikawan teoretis yang sangat terbuka tentang
konsep hal-hal yang tidak diketahui. 200 tahun yang lalu, gagasan tentang
konsep yang disebut 'materi abu-abu' atau 'teori string' masih belum diketahui
dan diketahui. Pengetahuan ilmiah belum cukup maju untuk bisa masuk radar
mereka. Pendidik sains seperti Neil Degrasse Tyson dan Bryan Cox sering
menyebut hal-hal yang tidak diketahui sebagai alasan mengapa penelitian ilmiah
begitu menarik.
v Agama. Banyak orang beragama mungkin menganggap hal-hal yang
tidak diketahui sebagai sesuatu yang berada dalam wilayah Tuhan, bukan manusia.
Hal-hal yang tidak kita ketahui yang tidak kita ketahui adalah hal-hal yang ada
di tangan Tuhan.
Pikiran Terakhir
Ada
banyak jenis pengetahuan yang berbeda. Bentuk pengetahuan yang diuraikan dalam
artikel ini adalah 14 cara utama kita dapat mengkonseptualisasikan pengetahuan
dan cara kerjanya.
Dr
Chris Drew adalah pendiri Profesor Bermanfaat. Beliau meraih gelar PhD di
bidang pendidikan dan telah menerbitkan lebih dari 20 artikel di jurnal ilmiah.
Beliau adalah mantan editor Jurnal Perkembangan Pembelajaran Perguruan Tinggi. Artikel ini Terakhir Ditinjau Ahli pada 29 Agustus 2023
oleh Chris Drew, PhD
[1] Referensi ;
v A posteriori - Routledge Encyclopedia of
Philosophy
v A Priori and a Posteriori |
Encyclopedia.com
v [PDF] A Priori and A Posteriori Knowledge |
Semantic Scholar
v A posteriori knowledge | philosophy |
Britannica
v A Posteriori - Meaning, Explained, Examples, vs. A Priori
(wallstreetmojo.com)
v A priori and a posteriori - Wikipedia
v Epistemology: What is the difference
between a priori and a posteriori knowledge? | MyTutor
v A posteriori - definition and meaning -
Market Business News
v A Priori vs. A Posteriori Knowledge |
Definition & Examples - Video & Lesson Transcript | Study.com
v A priori and a posteriori - New World
Encyclopedia
v A Posteriori: Definition, Limitations & Examples (boycewire.com)
v What is posteriori knowledge? - Quora
v Microsoft Word - The Theoretical Significance of the A Priori for web
(philpapers.org)
v A Posteriori Knowledge of Natural Kind Essences: A Defense on JSTOR
v A Priori Justification and Knowledge (Stanford Encyclopedia of
Philosophy)
v epistemology - What are examples of analytic
a posteriori knowledge? - Philosophy Stack Exchange
v A posteriori Definition & Meaning -
Merriam-Webster
v A Priori vs A Posteriori Knowledge of God
(physicsforums.com)
[2] Referensi :
v Term: Distributed Knowledge - Crowdsourcing
Glossary (clickworker.com)
v Dispersed knowledge - Wikipedia
v Dispersed Knowledge: Most Up-to-Date
Encyclopedia, News & Reviews (academic-accelerator.com)
v What is Distributed Knowledge | IGI Global
(igi-global.com)
v (20) Dispersed Knowledge Theory: why
collaboration is crucial for business ? | LinkedIn
v What is Dispersed Knowledge? - Simplicable
v Dispersed knowledge and an entrepreneurial
theory of the firm - ScienceDirect
[3] Referensi :
v Domain Knowledge: What Is It And Examples -
Zippia
v Domain Knowledge vs Technical Skills in
Hiring (indeed.com)
v What Is Domain Knowledge? (Plus Tips for Improving
It) | Indeed.com
v Domain knowledge - Wikipedia
v 75 Examples of Domain Knowledge - Simplicable
v What is the difference between domain
experts and knowledge engineer? - Quora
v Why Domain Expertise is Important in Customer Success | SuccessCOACHING
v Domain Knowledge - an overview |
ScienceDirect Topics
v 1 – The Importance of Domain Knowledge –
Machine Learning Blog | ML@CMU | Carnegie Mellon University
v Technique 5.9: Knowledge Domain Analysis -
Consortium for Service Innovation
v Domain Expert Knowledge Model | Download
Scientific Diagram (researchgate.net)
[4] Referensi :
v Empirical knowledge - Wikiquote
v How is scientific knowledge based on
empirical evidence? | Homework.Study.com
v Empirical evidence - Wikipedia
v Empirical Knowledge: What It Is, Features,
and Types | Psychreg
v Types of knowledge (cuny.edu)
v EMPIRICAL KNOWLEDGE definition and meaning
| Collins English Dictionary (collinsdictionary.com)
v The Foundations of Empirical Knowledge | Nature
v Empirical Knowledge: What It Is, Features,
and Types, Meanings (fischerinstitute.com)
v Empirical evidence | Definition, Examples,
Evidentialism, Foundationalism, & Facts | Britannica
v Knowledge of the Empirical World on JSTOR
v What is Empirical Knowledge? | Life Persona
v Empirical Knowledge: Characteristics,
Definition, Types, Examples (crgsoft.com)
v Empirical evidence: A definition | Live
Science
v On Empirical Knowledge | SpringerLink
v John Locke on Empirical Knowledge - New
Learning Online
v The Problem of Empirical Knowledge | by
Alexa Nargi | Medium
v The Structure of Empirical Knowledge — Harvard University Press
v empirical knowledge and research,
particularly in the social disciplines
[5] Referensi :
v Encoded Knowledge - an overview | ScienceDirect
Topics
v Knowledge transfer - Wikipedia
v Encoding (memory) - Wikipedia
v Example for how to encode the expert
knowledge. | Download Scientific Diagram (researchgate.net)
[6] Referensi :
v What is Tacit Knowledge: Importance,
Benefits & Examples (document360.com)
v Tacit dan Explicit Knowledge – School of Information Systems
(binus.ac.id)
v Ini Gunanya Tacit dan Explicit Knowledge di
Organisasimu! (goodnewsfromindonesia.id)
v Tacit Knowledge: Definition, Examples, and Importance (helpjuice.com)
v Tacit and Explicit Knowledge | Key Concepts
in Information and Knowledge Management (tlu.ee)
v 84103-ID-analisis-pengaruh-tacit-knowledge-dan-ex.pdf
(neliti.com)
v Different Types of Knowledge: Implicit,
Tacit, and Explicit | Bloomfire
v Knowledge Management Mengubah Tacit ke
Explicit Knowledge | kumparan.com
v Tacit Knowledge Vs. Explicit Knowledge
(aiim.org)
v Tacit vs explicit knowledge: Exploring the
key differences | EdApp: Mobile LMS
v Different Types of Knowledge: Explicit,
Implicit and Tacit | Kipwise
v (20) "TACIT KNOWLEDGE" |
LinkedIn
v TACIT KNOWLEDGE | English meaning -
Cambridge Dictionary
v How and why to turn tacit knowledge into explicit knowledge (pigro.ai)
v Tacit Knowledge and Its Antonyms
(openedition.org)
v TACIT KNOWLEDGE – Fatchiyah - Molecular
Genetics (ub.ac.id)
[7] Referensi :
v What is Metaknowledge | IGI Global
(igi-global.com)
v metaknowledge — MetaKnowledge 3.3.2 documentation
v Metaknowledge - PubMed (nih.gov)
v About: Meta-knowledge (dbpedia.org)
v metaknowledge - Wiktionary, the free dictionary
v Sage Academic Books - Metacognition:
Cognitive and Social Dimensions (sagepub.com)