SDN TARO'AN

Alamat : Desa Taro'an Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan -Email : sdntaroan@gmail.com, NPSN : 20527086, Kode Pos : 69371

Kamis, 25 Mei 2023

PERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 21 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN TK,PAUD, SD, SMP, SMA DAN SMK- SEDERAJAT

PERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 21 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN TK,PAUD, SD, SMP, SMA DAN SMK- SEDERAJAT

1.    Pelaksanaan penilaian pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Jenjang Pendidikan Dasar menggunakan aturan:

  • a.    Permendikbud Nomor 21 Tahun 2022;
  • b.    Permendikbud Nomor 5 Tahun 2022;
  • c.    Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 (PPA K13) Tahun 2022;
  • d.    Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka (PPA KM) Tahun 2022.

2.    Pedoman pengelolaan blangko ijazah tahun pelajaran 2022/2023 menggunakan Perka BSKAP Nomor 004/H/EP/2O23 yang diubah dengan Nomor 008/H/EP/2023 Tahun 2023

Keterangan : Silakan Download Dengan Klik Pada Tulisan Biru Di Atas..

v  Surat Edaran DISDIKBUD Kabupaten Pamekasan Tanggal 29 Maret 2023

v  Surat Edaran DISDIKBUD Kabupaten Pamekasan Tanggal 25 Mei 2023

Permendikbud ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen) diitetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 26 April 2022 dan telah diundangkan pada pada tanggal 28 April 2022.

Dalam Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen) dinyatakan bahwa yang dimaksud Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik. Sedangkan Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik.

Ditegaskan dalam Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen) bahwa Penilaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan sesuai dengan tujuan Penilaian secara berkeadilan, objektif, dan edukatif. Penilaian hasil belajar secara berkeadilan merupakan Penilaian yang tidak bias oleh latar belakang, identitas, atau kebutuhan khusus Peserta Didik. Penilaian hasil belajar secara objektif merupakan Penilaian yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik. Penilaian hasil belajar secara edukatif merupakan Penilaian yang hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi Pendidik, Peserta Didik, dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.

Selanjutnya Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen), menyatakan bahwa Prosedur Penilaian hasil belajar Peserta Didik meliputi: a) perumusan tujuan Penilaian; b) pemilihan dan/atau pengembangan instrument Penilaian; c) pelaksanaan Penilaian; d) pengolahan hasil Penilaian; dan e) pelaporan hasil Penilaian. Prosedur Penilaian hasil belajar disesuaikan dengan karakteristik jalur, jenjang, dan jenis Satuan Pendidikan.

a) Perumusan tujuan Penilaian

Perumusan tujuan Penilaian memperhatikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang merujuk pada kurikulum yang digunakan Satuan Pendidikan. Hasil perumusan tujuan Penilaian dimuat dalam perencanaan pembelajaran.

b) Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian

Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian dilaksanakan oleh Pendidik dengan: a) a. mempertimbangkan karakteristik kebutuhan Peserta Didik; dan b) berdasarkan rencana Penilaian yang termuat dalam perencanaan pembelajaran.

c) Pelaksanaan Penilaian

Pelaksanaan Penilaian dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran.

d) Pengolahan hasil Penilaian

Pengolahan hasil Penilaian dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan Penilaian yang berupa angka dan/atau deskripsi.

e) Pelaporan hasil Penilaian

Pelaporan hasil Penilaian dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar. Laporan kemajuan belajar berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik. Selain itu, laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Laporan hasil belajar tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya.

Penilaian hasil belajar Peserta Didik berbentuk Penilaian formatif dan Penilaian sumatif. Penilaian formatif dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Penilaian sumatif dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai peserta Didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar dan perkembangan belajar Peserta Didik. Informasi tersebut digunakan sebagai umpan balik bagi:

a. Peserta Didik untuk mengembangkan kemampuan dalam memonitor proses dan kemajuan belajar sebagai bagian dari keterampilan belajar sepanjang hayat; dan

b. Pendidik untuk merefleksikan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Sedangkan Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari Satuan Pendidikan. Penilaian sumatif sebagai pencapaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Penentuan kenaikan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran. Sedangkan Penentuan kelulusan dari Satuan Pendidikan dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain pada:

a. kelas V dan kelas VI untuk sekolah dasar atau bentuk lain yang sederajat; dan

b. setiap tingkatan kelas untuk sekolah menengah pertama atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

Satuan Pendidikan menetapkan mekanisme penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari Satuan Pendidikan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen. Pedoman penyusunan prosedur dan bentuk Penilaian hasil belajar Peserta Didik ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen.

 

Demikian informasi tentang Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen). Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 

Sumber :

PERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 21 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN TK PAUD SD SMP SMA SMK SEDERAJAT - JELAJAH INFORMASI (ainamulyana.com) 

Link Video Tentang Penilaian

v  KEMENDIKBUD RI - YouTube

v  Cara Menentukan KKTP Pada Kurikulum Merdeka - YouTube

v  Cara Menggunakan Format Penilaian Kurikulum Merdeka - YouTube

v  Cara Membuat Rubrik Penilaian dan Pengolahan Nilainya - YouTube

v  Cara Mudah Membuat Rubrik Asesmen Pembelajaran dan Projek Kurikulum Merdeka - YouTube

v  Seri Webinar IKM: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik - YouTube

v  Cara Membuat Format Tabel Penilaian di Kurikulum Merdeka - YouTube

v  Seminar Khusus Merancang dan Menerapkan Penilaian Differensiasi dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka - YouTube

v  https://www.youtube.com/watch?v=G08uKzE7HTk&pp=ygU1cHJha3RlayBwZW5pbGFpYW4ga3VyaWt1bHVtIG1lcmRla2EgYmVsYWphciBERVBESUtCVUQ%3D

Link Buku/ Artikel Tentang Evaluasi Pembelajaran

v  BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf (uinsgd.ac.id)

v  10. Evaluasi Pembelajaran Inovasi Hasil Penilaian Belajar.pdf (uinjkt.ac.id)

v  Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Melakukannya - Ujione.id - Aplikasi Ujian Berbasis Cloud

v  assessment-and-di-whitepaper.pdf (ascd.org)

v  Assesment_Student_Success_in_differentiated_classroom.pdf (studentachievement.org)

v  Dif Instruction Pages (ebook) (santillana.com.co)

v  Effects of Differentiating for Readiness, Interest and Learning Profile on Engagement and Understanding (sjf.edu)

v  ncac-differentiated-instruction-udl-2014-10.docx (live.com)

v  (David A. Sousa, Carol Ann Tomlinson) Differentiat | PDF | Educational Assessment | Teachers (scribd.com)

v  View of Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak) (peneliti.net)

v  Buku-Nasmik-ISBN.pdf (kemdikbud.go.id)

v  SAGE Handbook of Research on Classroom Assessment (daneshnamehicsa.ir)

v  Full article: Differentiation in education: a configurative review (tandfonline.com)

v  View of Study of Google Form-Based Assessment for Learning at UPT SD Negeri Binangun 01, Blitar Regency (formosapublisher.org)

v  All Archives - gotLearning

v  Illuminating the Brightest Stars (Paper) (viurrspace.ca)

v  THE EFFECTS OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION ON MIDDLE SCHOOL STUDENTS (montana.edu)

v  Differentiation in education: a configurative review (unit.no)

v  (PDF) Imbeau, M.B., & Tomlinson, C.A. (2013). Managing a differentiated classroom. In A. Honigsfeld & A. Cohan (Eds.). Breaking the mold of classroom management: What educators should know and do to enable student success (pp.11-18). Lanham, MD: Rowman and Littlefield (researchgate.net)

v  Package_CoverPages_ForPDF.indd (edugains.ca)

v  8_Ch4 Differentiated Assessment.indd (differentiatedinstruction.ca)

v  PowerPoint Presentation (cfisd.net)

v  EJ1084328.pdf (ed.gov)

= Baca Juga =

Tidak ada komentar:

MODEL PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi

  MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI I.      PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan mutu p...

Postingan Beranda